Senin, 03 Januari 2011

Dunia Hijau

Saya yakin bahwa setiap orang mempunyai impian masing-masing, termasuk saya. Adakah kalian mempunyai impian yang sama dengan saya mengenai Dunia Hijau? Kalau beda, lalu Dunia Hijau seperti apa sih yang kalian impikan?

Hmmm,,ngomong2 soal Dunia Hijau, saya yakin bahwa setiap manusia di dunia ini menginginkan bumi yang hijau, sejuk, udara segar dan bebas dari polusi. Tetapi dalam kenyataan keadaan sekarang ini, sulit rasanya untuk kita terbebas dari polusi udara di tengah mulai hilangnya Dunia Hijau kita. Keadaan bumi sekarang tengah dalam kondisi memprihatinkan, bumi tengah sakit dan kondisi alam semakin rusak akibat ulah manusia yang  tidak  bertanggung jawab. Akibatnya, terjadi bencana banjir dan tanah longsor dimana-mana lantaran hutan banyak yang digunduli dengan seenaknya sendiri.

Lagi-lagi,semua adalah ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kalau hal tersebut dibiarkan begitu saja,kerusakan yang terjadi di bumi ini bakal makin parah. Dan tentu saja kerugian yang lebih besar akan menimpa penduduk bumi ini. Kita ngga ingin itu terjadi kan?
Oleh sebab itu, manusia harus mengembalikan kehijauan dunia. Ya,kitalah yang harus mengembalikan bumi kita hijau kembali dengan cara2 seperti yang kalian impikan ^^

Sebelum saya bercerita mengenai Dunia Hijau yang saya impikan, saya akan bercerita dulu mengenai lingkungan tempat saya tinggal. Saya tinggal di sebuah desa dimana masih banyak terdapat hamparan sawah yang menghijau dikala musim tanam dan masih banyak pohon-pohon di sekitar termasuk di rumah saya tinggal. Saya mempunyai kebun yang luas di halaman depan rumah maupun di samping rumah. Kebun yang banyak ditumbuhi pohon kelapa dan buah-buahan seperti jambu, mangga, pepaya dan matoa. Dengan demikian, saya masih bisa merasakan sejuk dan segarnya udara di pedesaan yang tentunya hal tersebut sangat berbeda jauh dibanding udara di perkotaan yang sarat akan polusi. 

Ya, itulah Dunia Hijau yang saya hadapi sekarang, di sebuah desa yang hamparan sawahnya menghijau di kala musim tanam dan menguning di akla musim panen, yang pohon-pohon masih banyak berjejer dan melambai-lambai dikala tertiup angin, yang setiap malam masih saya dengar suara jangkrik,kodok,dan masih banyak kunang-kunang di malam hari.Hmmmm tapi bagi kalian yang ngga mengalami hal yang sama seperti saya, tak usah berkecil hati ya..
hehe ^^.

Meski saya telah mendapati Dunia Hijau di desa tempat saya tinggal, tapi saya masi memiliki impian mengenai Dunia Hijau untuk bumi tempat kita berpijak dan berkehidupan ini. Saya mempunyai impian untuk menciptakan gerakan kesadaran menanam pohon dengan cara menebar biji di mana saja. Terserah biji apa yang ingin ditanam, buah-buahan atau sekedar biji pohon biasa. Yang terpenting, dari biji tersebut akan tumbuh pohon yang mampu menghijaukan dunia.

Saya yakin bahwa sebagian besar orang suka mengkonsumsi buah-buahan. Iya kan? Saya juga yakin kalo kalian juga suka.**kalo saya sih suka banget!hehe**. Nah, setiap kita mengkonsumsi buah-buahan,kadangkala kan ada bijinya tu..misalnya buah mangga,pepaya atau jeruk. Nah sebaiknya biji tersebut kita kumpulkan lalu kita tanam, entah di halaman atau kebun  rumah kita sendiri atau lingkungan sekitar tempat kita tinggal. Bisa juga kita tanam biji tersebut di pinggir jalan yang kita lewati atau dimana aja de sesuka kita.

Bila setiap orang melalukan hal tersebut,setiap harinya bakal ada banyak biji yang tertanam dan nantinya akan tumbuh menjadi pohon yang akan menghijaukan dunia. Hijaunya dunia kita lihat, segarnya udara kita rasakan dan buah segar pun nantinya juga bisa kita nikmati. Maka dari itu, mulai sekarang biasakan menanam biji atau menanam pohon untuk menghijaukan dunia yuk! Dunia Hijau tak lagi sekedar impian jika kita mewujudkannya ^^

**catatan :: saya udah melakukannya lho,,mulai dari hal yang kecil yakni tiap saya makan buah pepaya, bijinya saya sebar di kebun.akibatnya banyak pohon pepaya yang mulai tumbuh dan berbuah di kebun. rindang,sejuk dan segarnya buah pepaya pun saya nikmati..hehehee =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar