Sabtu, 01 Januari 2011

Resolusi Hidup Sehat 2011

Salah satu daftar resolusi 2011 yang sebaiknya kita lakukan adalah menerapkan Pola Hidup Sehat. Kini saatnya memperbaiki kebiasaan hidup untuk meningkatkan kekebalan alami tubuh kita.
Percayakah Anda bahwa seulas senyum atau mencuci tangan sebelum makan dapat membuat kondisi hidup Anda jauh lebih fit daripada biasanya? Fakta terbaru mengatakan, perilaku emosional dan kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan turut mempengaruhi kekuatan dan kecepatan respons sistern kekebalan tubuh manusia. Karena itu, agar tubuh tetap sehat dan fit, pelajari langkah-Iangkah berikut dan ubah perilaku Anda!


1. Tidur 8 Jam Sehari
Selain timbulnya lingkaran hitam di seputar mata, kekurangan tidur juga mengakibatkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh sebesar 10%. Hasilnya, Anda mudah terkapar sakit di tempat tidur bila suatu hari terserang keletihan. Oleh sebab itu, tidurlah 8 jam sehari agar tubuh tetap segar.

2. Tertawalah
Penelitian modern mengungkapkan bahwa tertawa mulai dan tawa cekikikan hingga tawa terbahak-bahak adalah olahraga ringan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah serta melancarkan saluran pernafasan dan sirkulasi zat dalam tubuh. Dan, Seperti olahraga lain, tertawa berakibat langsung terhadap peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Tertawa akan meningkatkan jumlah sel-sel pembasmi penyakit dalam tubuh, dan sekalipun senyum pada bibir Anda sudah hilang, kandungan sel-sel pembasmi ini tetap tinggi hingga beberapa saat lamanya. Bahkan ada pepatah menyebutkan, “a good laugh a day, keeps the doctor away”.

3. Jangan Pernah Pendam Emosi 
Menurut Dr. Candace Pert, penulis buku Molecules of Emotion: Why You Feel the Way You Feel, emosi yang tertahan berakibat penumpukan beban kerja bagi sistem kekebalan tubuh. Sebab, emosi ‘beracun’ tersebut pada akhirnya mampu memproduksi zat-zat kimia dan hormon beracun yang dapat mengganggu kelancaran proses biokimia di seluruh tubuh. Jadi, menyimpan dendam dan emosi negatif bisa berakibat buruk terhadap kesehatan fisik.Kalau begitu, benarkah dengan selalu berpikiran positif akan membantu kita meningkatkan kekebalan tubuh? Setidaknya, menjalani hidup dengan hati lapang akan lebih menyenangkan ketimbang menyimpan unek-unek, bukan? Penelitian menyebutkan pula bahwa karakteristik sel-sel pembasmi penyakit milik orang-orang yang positif, cenderung lebih kuat dan agresif ketimbang mereka yang selalu berpikiran negatif. Karena itu, ekspresikan emosi Anda dengan jujur dan jangan berusaha menutupinya.


4. Kembangkan Optimisme

Seseorang yang menunjukkan sikap optimis dan antusias terhadap masa depannya, memiliki kadar zat kekebalan yang lebih tinggi daripada mereka yang selalu berpikiran pesimistis dan tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Satu hal juga yang patut dicontoh adalah optmisme seorang Valentino Rossi di dunia balap yang telah membesarkan namanya, ketika ia terjatuh dan mengalami cidera hebat di paruh mucim balap 2010 ia kemudian mampu bangkit bahkan menjuarai GP Malaysia. Sebuah prestasi yang luar biasa dan membuat orang-orang tercengang akan kecepatan pulihnya ia dari cidera. 


5. Kurangi Stres

Hipotalamus, pusat stres di otak, berperan menerima semua rangsangan yang masuk dan lingkungan sekitar serta dan bagian lain dalam otak dan sistem kekebalan tubuh. Sinyal yang diterima oleh hipotalamus memicu diproduksinya hormon antistres, yaitu kortisol. Kortisol berfungsi meredakan peradangan, meskipun sebenarnya peradangan adalah reaksi normal yang terjadi apabila ada zat asing memasuki tubuh. Problemnya, hipotalamus tak dapat membedakan stres yang disebabkan emosi dengan stres yang terjadi akibat aktivitas fisik.
Jadi, bila Anda sering mengalami stres, makin banyak hormon kortisol yang dihasilkan.jika tubuh terlalu sering mengeluarkan hormon antistres, di kemudian hari saat tubuh betul-betul dimasuki penyakit, sistem kekebalan tubuh akan melemah karena penyakit sudah kebal terhadap ‘serangan’ antibodi.

6. Bersahabatlah Dengan Antioksidan
Zat antioksidan (vitamin A, C, dan E) berperan aktif melindungi membran sel tubuh dan kerusakan dan mengikat radikal bebas dari sistem tubuh. Selain itu, meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh secara alami. Untuk memperoleh antioksidan, biasakan konsumsi buah-buahan, sayuran berdaun hijau, teh, dan kacang-kacangan. Menurut para ahli, mengkonsumsi makanan tersebut secara langsung jauh lebih baik ketimbang menggantikannya dengan suplemen makanan. Selain lebih segar, Anda juga mendapatkan keuntungan lain yaitu kesenangan saat memakannya.


7. Perbanyak Minum

Bagaimana mengetahui kebutuhan akan air minum sudah terpenuhi dalam sehari? Teorinya, 8 gelas sehari memang sudah cukup, tapi bagi anda yang repot menghitungnya, amati saja warna air seni Anda. Bila berwarna keruh artinya anda kekurangan air dalam tubuh. Teruslah minum hingga air seni anda berwarna jernih. Air berperan menjaga keutuhan selaput lender dalam hidungdan tenggorokan, yang merupakan garis depan pertahanan tubuh terhadap penyakit yang masuk melalui saluran nafas.


8. Olahraga Teratur

Berolahraga sampai tubuh berkeringat bisa mengurangi risiko terserang penyakit. Tapi, hati-hatilah. Sebab, terlalu banyak olahraga juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, kerja terlalu berat menyebabkan sel-sel pembasmi penyakit kelelahan pula dan harus beristirahat selama 6-24 jam sebelum mampu aktif kembali. Bila selama 6-24 jam itu ada bibit penyakit yang menyerang tubuh, maka risiko Anda terkena akan lebih besar.


9. Kurangi Gula dan Makanan Manis
Manisan, kue-kue, dan softdrink tampaknya memang memberikan energi yang lumayan besar untuk sementara waktu. Namun, memanjakan mulut dengan makanan manis bisa berakibat buruk karena memperlambat kerja sel pembasmi bakteri. Kandungan gula dalam jumlah besar akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Pada penderita diabetes, kadar gula berlebih juga mempengaruhi fungsi neutrophils, yaitu sel yang memakan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

10. Konsumsi Sumber Makanan Alami
Jika Anda mulai bersin-bersin, tenggorokan serak dan gatal, cobalah perbaiki pola makan sebagai usaha pengobatan alami untuk mengatasi gangguan kesehatan. Perbanyaklah mengkonsumsi ; Buah-buahan seperti jeruk, wortel, dan pepaya yang mengandung vitamin C: berkhasiat memperpendek lamanya sakit flu ;Kacang-kacangan dan seafood yang mengandung seng berkhasiat menanggulan gi infeksi berulang seperti flu dan pilek ; Bawang putih, selama bertahun-tahun digunakan untuk menyembuhkan penyakit akibat infeksi saluran pernafasan, seperti bronchitis kronis, pilek menahun
Naaaaaaah oleh sebab itu marilah kita terapkan Pola Hidup Sehat di atas sebagai bagian dari resolusi 2011 kita ^^ . Tubuh sehat,,hati gembira... heheheee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar