Jumat, 24 Desember 2010

Saya dan Sepak Bola

Sejak berlangsungnya piala AFF 2010, tampaknya demam sepak bola tengah melanda negeri ini. Antusiasme anak bangsa begitu tinggi ketika menyaksikan timnas Indonesia berlaga dari awal hingga akhirnya bisa menempati prestasi seperti sekarang yakni masuk ke babak final yang akan berhadapan dengan Malaysia.(eh tapi bukannya timnas Indonesia tu uda sering masuk babak final ya? ko baru sekarang ya rame2 n super heboh?! **heran de aku! Hmmm...semua ini gara2 media ni! ). 
Oiya, tapi emang tak diragukan lagi bahwa seluruh elemen bangsa sangat antusias dan mendukung timnas untuk bisa menjadi juara piala AFF 2010. Sebuah harapan yang telah lama dinantikan dan dirindukan oleh segenap anak bangsa, termasuk saya. 

Saya sebagai anak bangsa yang mencintai Indonesia dan mencintai sepakbola pun turut larut dalam euforia ini dengan turut menyaksikan pertandingan yang dilakoni oleh timnas Indonesia. Sejujurnya saya sebagai seorang pecinta sepakbola sebenarnya ngga terlalu suka akan sepakbola Indonesia. Saya bahkan ngga tau siapa2 pemain timnas Indonesia sebelum adanya piala AFF 2010 ini dan gencarnya media memberitakan mereka. Saya lebih hafal dan tau nama2 pemain timnas asing maupun pemain klub2 asing. Kenapa begitu? Hmmm nanti ceritanya...
Yang jelas saya sangat berharap bahwa Indonesia mampu mengalahkan Malaysia di final nanti dan menyabet gelar juara piala AFF 2010. Siapa pun, sebagai anak bangsa Indonesia tentunya punya harapan seperti saya ^^

Ngomong2 soal sepakbola, sebenernya saya uda lama suka, bahkan sejak saya masi SD. Saat itu kecintaan saya akan dunia sepakbola dan mengenal pemain2 bola (pemain asing) berawal dari semacam 'diracuni' (tapi ngga sengaja sih) oleh kakak saya. Kakak saya (laki-laki) adalah seorang yang sangat menggemari sepakbola dan pandai bermain sepakbola. Dia suka berlangganan majalah Bola dan menempel gambar2 pemain sepakbola di dinding kamarnya. Tak ketinggalan pula dia bikin kliping tentang pemain sepakbola dan memenuhi koleksi bajunya dengan baju pemain sepakbola. Dia juga jago bermain sepakbola dan menjadi pemain terbaik saat di Liga Teladan (Liga SMA). 

Secara ngga langsung saya pun jadi tau akan pemain2 bola dunia lewat kakak saya (dari majalah Bola maupun dari ceritanya langsung). Saya juga sering ikut nonton pertandingan sepakbola ketika kakak lagi nonton di rumah bersama dengan teman2nya. Dan saya pun punya kaos pemain sepakbola lho ^^. Saya juga sering bermain sepakbola di lapangan kecil dengan teman2 saya baik perempuan maupun laki-laki (pas jaman SD n SMP).

Saya akan mereview dan menengok ke belakang de tentang apa yang dulu pernah saya liat n yang masi saya inget,,tentang EURO dan Piala Dunia yang selalu saya ikuti ...

EURO 1996 
Saya kelas 3 ato 4 SD ya (lupa), waktu itu saya nonton terus gara2 kakak saya. Jerman juaranya, dan top scorer-nya Alan Shearer (inggris). Saya masih inget betul saat itu gambar Alan Shearer terpampang di dinding kamar kakak saya.

Piala Dunia 1998 
Saya kelas 4SD kalo ngga salah dan selalu mengikuti jadwal petandingan plus suka nyatet skor2nya ^^.  Waktu itu tuan rumahnya adalah Perancis yang akhirnya menjadi juara dengan mengalahkan Brazil 3-0 di babak final. Zidane keren banget saat itu ^^

EURO 2000 
Juaranya Perancis yang berhasil mengalahkan Italia di babak final. Na di EURO ini prestasi Perancis bole dibilang oye,,soalnya kan di 2 taun sebelumnya Perancis juga juara dunia.

Piala Dunia 2002 
Ini meruapakan Piala Dunia yang kali pertama diselenggarakan di Asia yakni di Jepang dan Korea Selatan. Waktu itu saya kelas 3 SMP dan saat itu lagi ujian semester,,tapi saya ngga pernah belajar karna keasikan nonton sepakbola. Lebi asik nonton daripada belajar sih! ^^ Na waktu itu saya inget betul kalo Perancis langsung ke depak alias pulang paling awal gara2 jeblok maennya. padahal Perancis kan juara dunia di piala dunia sebelumnya.. huhuhuuuu elek banget de! dan alhasil juaranya adalah Brazil.

EURO 2004
Saya uda duduk di bangku SMA,,waktu itu jagoan saya masih Perancis (secara saya suka sama Zidane,,hehe). Perhelatan yang diselenggarakan di Portugal itu menghadirkan kejutan di akhir kejuaraan. Yunani bersama pelatih asal Jerman Otto Rehhagel berhasil membalikkan prediksi publik dengan megalahkan Portugal di babak final. Dan publik Portugal pun kecewa...

Piala Dunia 2006 
Waktu itu saya uda lulus SMA, habis gempa n mo masuk universitas. Dengan kondisi sebagai korban gempa, saya ma tetep asik2 aja ngikuti sepakbola.hehe. Waktu itu Perancis kalah dari Italia di adu pinalti pas final. Dan yg paling menjengkelkan saat itu adalah ketika Zidane kena kartu merah gara2 si Materazzi. Ceritanya kan waktu itu Zidane menanduk si Materazzi sampe dia jatoh...usut punya usut tenyata di Materazzi waktu itu menghina Ibu dan adik Zidane.

EURO 2008
digelar di dua negara yakni Austria dan Swiss dan melahirkan Spanyol sebagagi juaranya dengan mengalahkan Jerman di babak final. Nah dari situlah saya mulai suka sama Spanyol dan perlahan meninggalkan Perancis..hehe (secara pemain Spanyol muda-muda n ganteng2 pula!^^).Ya meskipun pemain Jerman juga muda2 n ganteng...

Piala Dunia 2010
Nah ini ni yang belum lama digelar di Afrika Selatan Juni lalu.. Seperi yang lalu2,,saya selalu mengikuti setiap pertandingan dan menjagokan Spanyol sebagai juaranya. saya masi inget betul saat itu Spanyol kalah di pertandingan awal dan terancam ngga lolos di babak penyisihan seperti Perancis dan Italia. Dan yang paling meyebalkan saat itu adalah teman2 saya ngledek2 gitu gara2 Spanyol kalah di pertandingan awal2.. Belum tau tenyata mereka!!Hahaaa akhirnya Spanyol yang diperkuat oleh pemain2 muda yang ganteng2 itu pun melenggang ke final berhadapan dengan Jerman (ini mengulang sejarah final EURO 2008). dan sejarah pun kembali terulang,,Spanyol berhasil mengalahkan Jerman dan menjadi juara dunia 2010 de ^^. kalo waktu itu saya taroan sama temen2,,pasti saya menang banyak tu!hehe

Hmmm saya kangen saat2 nonton sepakbola 1 bulan penuh... Nunggu 2012 pas EORO de! Eh tapi saya ngga cuma ngikuti EURO dan Piala Dunia lho, saya juga ngikuti Liga2 dunia terutama Liga Inggris dan Liga Spanyol serta Liga Champion. Klub jagoan saya adalah Chelsea (Liga Inggris) dan Barcelona (Liga Spanyol) dengan pemain favorit adalah mas David Villa (ngganteng sih^^) dan Lionel Messi. Tapi saya masi setia juga sama om Zidane ko meskpiun dia uda lama gantung sepatu.hehe

Kesukaan dan kecintaan saya akan sepakbola telah mendorong dan menuntun saya untuk selalu megikuti setiap pertandingan yang berlangsung terutama pas pertandingan klub2 yang oke dan klub jagoan saya. Selain itu setiap hari saya juga ngikuti perkembangan n beritanya lewat berita olahraga di televisi maupun artikel di dunia maya lewat situs detiksport, kompas maupun okezone.com
Ya namanya juga suka dan hobi,,jadi ya ngga mo ketinggalan berita doooooong...
Bagi saya sepakbola itu menyenangkan dan indah. Sepakbola telah menyihir jutaan umat manusia di dunia termasuk saya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar