Kamis, 23 Desember 2010

Tips Bahagia Dunia Akhirat

Sepanjang perjalanan umat manusia, kata bahagia tak bisa lepas dari kamus kehidupan. Namun sayang seribu sayang, tak sedikit dari kita yang salah dalam memahami kebahagiaan itu sendiri. Bila demikian, maka bisa dipastikan bahwa cara-cara yang ditempuh pun akan melenceng jauh.

Saya mendapati dari buku yang saya baca mengenai tips-tips hidup bahagia. Tips-tips yang akan membawa perubahan dalam diri kita, menjadikan hidup lebih hidup dan meraih kehidupan bahagia dunia akhirat. Di sini saya akan menceritakan kembali dengan bahasa saya sendiri yang semoga bisa dengan mudah dipahami dan membaginya untuk Anda, untuk kita merenung bersama dan mengamalkannya.

1) Berpikir dan Bersyukurlah !
Kita harus selalu mengingat akan nikmat Allah yang dianugerahkan kepada kita, Allah telah  melipatkan nikmat-Nya dari ujung rambut hingga ke bawah kedua telapak kaki. Sebenarnya kita memiliki dunia, tapi tak pernah menyadarinya dan kita menguasai kehidupan tapi tak pernah mengetahuinya.

Disadari ato tidak, sebenarnya kita tengah berada dalam kenikmatan yang tiada tara dan kesempurnaan tubuh. Tapi sayang, kadangkala kita tak menyadarinya. Kita tetap hidup dalam gelisah, resah, sedih dan berduka lara meskipun kita masih memiliki nasi hangat untuk disantap, air segar untuk diteguk, waktu tenang untuk tidur pulas dan kesehatan untuk terus berbuat sesuatu.

Kita kerapkali memikirkan sesuatu yang tidak ada, sehingga kita lupa mensyukuri yang telah ada. Kadang kita mudah terguncang dan merasa sedih ketika kerugian materi mendera, padahal sesungguhnya kita masih memegang kunci kebahagiaan, memiliki segudang kekayaan berupa kebaikan, kenikmatan, karunia dll. Maka, pikirkanlah semua itu dan kemudian bersyukurlah ^^

2) Hari ini milik kita
Ketika kita berada di waktu pagi, sebaiknya jangan menunggu di waktu sore karena hari inilah yang akan kita jalani. Bukan hari kemaren yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, dan juga bukan hari esok yang belum tentu datang. Hari yang saat ini matahari tengah menyinari kita dan siangnya menyapa kita, inilah hari kita ^^

Saya sendiri merasa termotivasi ketika mendengar kata2 "aku hanya akan hidup hari ini". Dengan kita berkata dalam hati "aku hanya akan hidup hari ini" akan membuat kita bersemangat dalam menjalani hidup pada hari ini (sebab hari esok belum tentu kita akan menjumpainya). Karena kita hanya akan hidup pada hari ini, maka kita pun akan berusaha sekuat tenaga untuk taat kepada Allah, beribadah dengan baik dan melakukan segala sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Hari ini milik kita" bagi saya adalah ungkapan yang indah dalam kamus kebahagiaan bagi siapa saja yang menginginkan hidup paling indah dan menyenangkan. 

3) Berbuat Kebaikan
Kebaikan itu sebaik namanya, keramahan itu seramah wujudnya dan perbuatan baik itu sebaik rasanya. Kita dapat merasakan manfaat dari semua itu adalah dengan melakukannya. Dengan berbuat kebaikan, Allah akan melimpahkan berkah dan kebaikan pula kepada kita sehingga kita bahagia.

ada ungkapan sebagai berikut 
"Perbuatan baik itu laksana wewangian yang tidak hanya mendatangkan manfaat bagi pemakainya, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya. Manfaat psikologis dari kebajikan itu terasa seperti ramuan obat yang manjur"

4) Mengisi waktu luang dengan beramal
ada ungkapan seperti ini 
"waktu kosong itu ibarat siksaan halus ala penjara China. Yakni, meletakkan narapidana di bawah pipa air yang hanya dapat meneteskan satu tetes tiap menit selama bertahun-tahun. Dan dalam masa penantian yang panjang itulah biasanya seorang napi akan menjadi gila"

Maka dari itulah kita harus senantiasa mengisi waktu luang yang kita miliki dengan mengerjakan amalan2 yang bermanfaat dan berbuat sesuatu dengan menyibukkan diri menata ruangan,menulis,membaca ato berbuat kebaikan untuk oranglain daripada kita terlarut dalam kekosongan yang membinasakan.

Hmmmmmm,,kayakna sekian dulu tulisan dari saya... nanti di lain kesempatan saya tambahin lagi biar genap 10 tips ^^
semoga bermanfaat...

1 komentar:

  1. saya suka tulisan ini, tapi..Sukar juga ya... saya dah putar puter kesana kemari cari artikel yang bisa membantu aku mendapatkan kebahagiaan abadi,... semua intinya sama,, mereka selalu bertanya adakah kebahagiaan abadi?

    BalasHapus